2013: Tahun Konsolidasi Partai Politik

kampanyeOnlineLogoBerakhirnya tahun 2012 dan dimulainya mentari pagi tahun 2013 memberikan harapan dan semangat baru bagi setiap oang serta segenap elemen bangsa. Beberapa agenda penting akan direncanakan dan diharapkan terwujud untuk kehidupan yang lebih baik. Tak terkecuali, partai politik.

Sebagai sebuah lembaga yang syarat kepentingan politis dan selalu dinamis, tentunya partai politik akan berupaya segala daya demi kebesaran partai. Pemilu yang akan dilaksanakan pada 2014, tentunya dirasakan tidak lama lagi dan semakin mendesak waktunya.

Praktis tinggal kurang dari satu setengah tahun lagi. Hal ini menuntut kesiapan yang matang dan serius bagi partai politik bila ingin meraih suara terbanyak atau paling tidak bisa masuk parlemen atau lolos parliamentary threshold dengan bisa memperoleh suara sedikit-dikitnya 3 persen.

Tahun 2013 merupakan ajang berbenah diri bagi partai politik, dengan mengoptimalkan kerja-kerja kepartaian. Setelah nantinya ditetapkan lolos sebagai peserta pemilu yang rencananya ditetapkan pada bulan Januari oleh KPU, partai harus tancap gas, menyongsong Pemilu 2014.

Konsolidasi Partai


 

Hal penting yang harus dilakukan oleh partai politik di tahun 2013 ini adalah konsolidasi. Dalam hal ini ada tiga agenda utama, yaitu penguatan struktur kepartaian, pengaktifan simpul-simpul partai, dan penataan calon anggota legislatif yang akuntabel.

Pertama, penguatan struktur kepartaian. Langkah ini merupakan hal yang esensial, mengingat untuk bisa eksis keluar, di dalamnya harus solid dan mantap terlebih dahulu. Jajaran pengurus pusat harus kompak dan satu visi, demi kebesaran partai. Setelah itu, baru pembenahan struktur di tingkat daerah sampai ke akar rumput.

Kemudian yang kedua dengan mengaktifkan simpul-simpul partai. Selain mempunyai pengurus inti yang solid, partai mesti mempunyai organisasi sayap dan elemen pendukung , dan itu harus diaktifkan sesuai dengan lahan garap dan kekhasannya. Baik itu yang berlatar belakang profesi, kepemudaan, maupun yang sifatnya temporal atau kepanitiaan.

Dan untuk partai politik lama yang sudah mempunyai fraksi di parlemen, dapat menjadikan momentum reses ke daerah sebagai sarana konsolidasi dengan mengumpulkan kader atau pun rekrutmen kader baru.

Pencalegan Strategis


 

Selanjutnya yang ketiga adalah penataan Caleg. Setelah proses verifikasi partai politik yang menguras energi, tahapan selanjutnya yang cukup krusial adalah tahap pencalegan. Pada proes ini, apabila tidak dikelola dengan baik akan berefek negatif bagi partai politik. Kalau dikelola dengan baik maka akan berdampak positif bagi konsolidasi organisasi.

Daftar calon tetap baru akan disahkan pada akhir tahun 2013. Namun prosesnya, di partai politik sudah dimulai pada pertengahan tahun. Perekrutan Caleg dari internal kader merupakan prioritas utama. Dengan menempatkan kader-kader potensial di masing-masing daerah pemilihan yang sesuai dengan penguasaan geografis kader tersebut. Caleg incumben atau Caleg di mana sudah mempunyai anggota dewan pada daerah pemilihannya, harus dipertahankan dan perlu dikembangkan suaranya.

Partai politik seyogianya membuka peluang bagi Caleg yang berasal dari luar partai, selama yang bersangkutan satu visi dengan partai dan bisa menjadi vote getter tanpa mengesampingkan kualitas dan kapasitas. Namun dengan jumlah maksimal 10 persen dari keseluruhan Caleg.

Satu setengah tahun menjelang pemilu yang dirasa lama oleh kebanyakan orang, tapi bagi dunia politik terasa cepat. Pada 2014, partai akan disibukkan dengan kampanye dan hiruk pikuk persiapan pemilu. Oleh karena itu, tinggal satu tahun efektif bagi partai politik untuk berkonsolidasi, yaitu di tahun 2013.

Penulis

Danang Munandar

002206946
Hari Ini
Minggu Ini
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
918
8616
38472
53209
2206946
IP Anda: 54.91.191.48
Tanggal Server: 2014-07-26
Realtime website traffic tracker, online visitor stats and hit counter